Jago Lagu
[CLOSE]

Waspada Vtube Aplikasi Investasi Ilegal, Tidak Memiliki Izin Resmi dari OJK

Waspada Vtube Aplikasi Investasi Ilegal, Tidak Memiliki Izin Resmi dari OJK

Waspada Vtube Aplikasi Investasi Ilegal, Tidak Memiliki Izin Resmi dari OJK (lapor.my.id)

LAPOR.MY.ID - Banyak sekali yang tergiur akan motto dari member aplikasi Vtube ini yaitu "nonton iklan dibayar", namun sangat di sayangkan aplikasi vtube masuk sebagai kategori aplikasi investasi ilegal atau bodong.

Dinyatakan secara resmi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bahwa hingga tulisan ini terbit pihak vtube belum mengantongi izin resmi dari OJK.

Aplikasi Ilegal Vtube, Nonton Iklan Dapat Uang?

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tongam L Tobing menyebut aplikasi Vtube yang dikembangkan oleh PT Future View Tech merupakan entitas investasi bodong alias ilegal.


Artinya, mereka dilarang melakukan kegiatan investasi atau perekrutan anggota sampai mendapatkan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).




Dikutip dari CNN Indonesia:

Vtube sebenarnya telah masuk dalam daftar entitas yang dihentikan SWI sejak Juni 2020. Mereka juga telah diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).


Dalam keterangannya, SWI menyatakan bahwa Vtube merupakan investasi uang tanpa izin yang menawarkan keuntungan Rp200 ribu-Rp70 juta hanya dengan mengklik iklan.


Meski demikian, pada daftar investasi bodong terbaru OJK yang dirilis September 2020 nama Vtube tak kembali masuk dalam daftar tersebut.


Menurut Tongam, hal itu lantaran pihaknya hanya melakukan satu kali pendataan atas sebuah perusahaan yang masuk daftar investasi ilegal. Sehingga meskipun kini Vtube tak ada dalam daftar, mereka tetap entitas bodong sampai melakukan normalisasi ke SWI.

Kenapa Aplikasi Vtube Berbahaya?

Aplikasi Vtube menggunakan skema Ponzi, Skema Ponzi adalah skema bisnis di mana seseorang mendapatkan hasil uang investasi melalui uang yang berasal dari member atau investor lain, bukan berasal dari profit atau keuntungan perusahaan.

Skema Ponzi dapat digolongkan sebagai jenis investasi palsu yang membayarkan keuntungan kepada investor melalui uang yang ditanamkan oleh investor lain.


Mengapa model bisnis Vtube dapat tergolong sebagai Skema Ponzi? Hal tersebut dikarenakan member dari Vtube dapat memperoleh uang melalui poin yang kita kumpulkan. Namun, poin tersebut baru bisa dikonversikan menjadi uang ketika ada member lain yang membeli.

Lalu, bagaimana jika tidak ada member baru yang membeli? Jawabannya, poin kita tidak akan bisa dikonversi menjadi uang. Maka dari itu, mencari member baru menjadi sebuah keharusan jika kita ingin mengkonversikan poin kita.


Lantas, apa bahayanya jika bisnis Skema Ponzi ini tidak dihentikan? Jika suatu waktu promotor atau penyedia layanan menghilang, maka ia akan mengambil sisa keuntungan dengan meninggalkan kerugian bagi para membernya. Atau semisal investasi dari bisnis tersebut melambat, maka promotor akan kesulitan untuk membayar investasi membernya karena Skema Ponzi ini mengandalkan investasi berkesinambungan dari para membernya.


Bukti Aplikasi Vtube Adalah Ilegal dan Berbahaya


Waspada Vtube Aplikasi Investasi Ilegal, Tidak Memiliki Izin Resmi dari OJKWaspada Vtube Aplikasi Investasi Ilegal, Tidak Memiliki Izin Resmi dari OJK




Waspada Vtube Aplikasi Investasi Ilegal, Tidak Memiliki Izin Resmi dari OJKWaspada Vtube Aplikasi Investasi Ilegal, Tidak Memiliki Izin Resmi dari OJK


Waspada Vtube Aplikasi Investasi Ilegal, Tidak Memiliki Izin Resmi dari OJKWaspada Vtube Aplikasi Investasi Ilegal, Tidak Memiliki Izin Resmi dari OJK




Itulah Informasi terkait, Waspada Vtube Aplikasi Investasi Ilegal, Tidak Memiliki Izin Resmi dari OJK


Jika menemukan tawaran investasi yang mencurigakan, masyarakat dapat mengkonsultasikan atau melaporkan kepada Layanan Konsumen OJK 157 (WA 081157157157 - http://wa.me/6281157157157), email [email protected] atau [email protected]

Peringatan! Situs ini hanya sebagai media penyedia informasi, sedangkan seluruh informasi dan materi dalam situs ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab pembuat laporan sesuai dengan Disclaimer dan Kebijakan Privasi situs.

Tips Aman Bertransaksi:

  • Tetap berhati-hati, saat bertransaksi. Jangan pernah memberikan informasi pribadi (Nama, Tgl Lahir, Nama Orang Tua, Nomor Seri ATM, Nomor Rekening dan informasi sensitif lainnya) kepada orang yang tidak dikenal atau mengaku dari pihak tertentu.
  • Jika ada pihak mengaku dari bank, atau instansi. Segera matikan telepon tersebut dan datang ke kantor instansi terdekat untuk mencari kebenaran.
  • Jika anda menerima kode SMS OTP dan ada pihak yang meminta kode tersebut, jangan pernah anda berikan!
  • Jangan pernah mengirimkan uang dalam jumlah berapa pun jika ada pihak yang meminta untuk dikirimkan sebagai persyaratan tertentu, cari tahu dan jangan mudah percaya. Waspada!

Tips Aman Mencari Kerja:

  • Cari tahu dan teliti terlebih dahulu track record profil perusahaan yang sedang anda tuju, bisa melalui Google atau Grup Lowongan Kerja di wilayah domisili perusahaan.
  • Jangan pernah memberikan uang dalam jumlah berapa pun di awal (saat interview), jika belum benar-benar anda diterima kerja (minimal 1 bulan)
  • Jangan pernah memberikan dokumen asli saat melamar kerja, hal ini sudah dirangkum dalam peraturan pemerintah bahwa perusahaan tidak boleh menahan dokumen pribadi pelamar kerja (misalnya. ijasah asli)
  • Jangan pernah memberikan informasi pribadi saat interview seperti nomor rekening, nama ibu kandung dan jangan pernah mau saat diminta berfoto (selfi) dengan menggunakan KTP (jika anda belum bekerja min. 1 bulan) Waspada!

Saya Menjadi Korban, Apa Yang Harus dilakukan?

  • Kumpulkan semua bukti yang anda miliki seperti bukti chat, bukti transaksi dan bukti pendukung lainnya.
  • Jika anda adalah korban penipuan transaksi, datangi kantor polisi terdekat dan buat laporan terkait kasus tersebut. Selanjutnya datang ke bank di mana rekening anda terdaftar, ceritakan kronologi dan bukti transaksi biasanya pihak bank akan memblokir rekening pelaku dalam waktu dekat.
  • Jika anda korban penipuan lowongan pekerjaan harap datang ke kantor polisi terdekat dan membuat laporan terkait kasus tersebut
  • Lebih berhati-hati dan jangan sampai terulang kesalahan yang serupa, lebih sering mencari kebenaran informasi jangan langsung percaya!

Total dibaca: 1139x | Berikan Komentar!

Hosting Unlimited Indonesia


Bagikan ini dan Selamatkan Orang Lain!

Bagikan informasi ini ke semua orang agar tidak ada yang menjadi korban selanjutnya!
Komentar ()
Penawaran Populer

LAPORKAN DI SINI!

Anda mengalami dan menjadi korban penipuan, pemerasan atau dirugikan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab?

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

KASUS MENARIK

Penipuan PT Bina Anugrah Surabaya Lowongan Pekerjaan Dengan Administrasi Palsu